14 July 2016
Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dengan Pap Smear


Kanker Leher Rahim merupakan kanker peringkat pertama di Indonesia. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi 95% kasus ditemukan HPV (Human Pappiloma Virus) positif. Faktor risiko penyebab Kanker Leher Rahim antara lain :

 

  • Menikah atau melakukan hubungan seksual pada usia muda (< 17 tahun)
  • Sering berganti-ganti pasangan seksual dan berhubungan seksual dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan seksual
  • Riwayat infeksi berulang di daerah kelamin atau radang panggul
  • Wanita yang sering melahirkan
  • Wanita perokok memiliki risiko dua kali lebih besar dibandingkan wanita bukan perokok

 

Untuk mendeteksi dini Kanker Leher Rahim, dapat dengan melakukan pap smear. Pemeriksaan ini untuk mengetahui adanya HPV ataupun sel karsinoma penyebab Kanker Leher Rahim.


Test ini hanya memerlukan waktu beberapa menit saja. Dalam keadaan berbaring terlentang, sebuah alat yang dinamakan spekulum akan dimasukan kedalam liang senggama. Alat ini berfungsi untuk membuka dan menahan dinding vagina supaya tetap terbuka, sehingga memungkinkan pandangan yang bebas dan leher rahim terlihat dengan jelas. Sel-sel leher rahim kemudian diambil dengan cara mengusap leher rahim dengan sebuah alat yang dinamakan spatula, suatu alat yang menyerupai tangkai pada es krim, dan usapan tersebut dioleskan pada obyek-glass, dan kemudian dikirim ke laboratorium patologi untuk pemeriksaan yang lebih teliti.

 


Pemeriksaan ini dapat dilakukan kapan saja, kecuali sedang haid atau sesuai petunjuk dokter. Pap smear sebaiknya dilakukan 1 kali setahun oleh setiap wanita yang sudah melakukan hubungan seksual. Pemeriksaan pap smear dapat dilakukan di Pusat Diagnostik Budi Sehat Solo (Jl. S. Parman 131) - Telp. (0271) 648026, dan di Sragen (Jl. Raya Sukowati 524) - Telp. (0271) 5890919.


Lakukan Pap smear secara rutin agar Kanker Leher Rahim lebih cepat dideteksi dan lebih besar kemungkinan sembuh.

 

 
22 August 2017 - Kesempatan Berkarir
17 March 2017 - Selamat Datang
17 March 2017 - Mammografi, Bagian Terpenting Deteksi Dini Kanker Payudara
17 March 2017 - Pentingnya Premarital Check Up Sebelum Menikah
17 March 2017 - Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear
Arsip berita
  Visitor 372375 since May 20, 2010.
Certified to QMS-Certificate No. 500164   Copyright © 2010 Budi Sehat. All Rights Reserved