14 July 2016
TORCH, INFEKSI YANG HARUS DIWASPADAI PADA KEHAMILAN



Infeksi TORCH sangat banyak dijumpai akhir-akhir ini, terutama yang berkaitan dengan kesehatan janin dan kelahiran bayi. Mungkin banyak yang belum mengetahui apakah TORCH itu? Bagi sebagian orang yang sehat dengan kekebalan tubuh yang baik, infeksi ini sebenarnya tidak begitu berbahaya. Akan tetapi sangat berbahaya bagi ibu hamil. TORCH adalah kumpulan penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit (Toxoplasma gandii) atau virus (Rubella, Cytomegalovirus / CMV, Herpes Simplex Virus tipe I dan II). Infeksi ini merupakan salah satu infeksi yang paling ditakuti oleh ibu hamil dan wanita yang merencanakan kehamilan. Bagi ibu hamil, infeksi TORCH ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan abortus (keguguran), bayi cacat atau lahir meninggal. Selain itu, TORCH juga dapat mempengaruhi kesuburan karena sel telur maupun inti sel dirusak oleh virus TORCH sehingga sel telur mengecil dan tidak dapat dibuahi.

 

            Sangat dianjurkan bagi pasangan calon pengantin yang hendak merencanakan kehamilan untuk melakukan pemeriksaan TORCH. Dari pemeriksaan TORCH dapat diketahui apakah seseorang bebas dari infeksi, sedang terinfeksi atau sudah mempunyai kekebalan terhadap infeksi TORCH.

 

Pemeriksaan TORCH meliputi:

1.       Toxoplamosis

Ø        Pemeriksaan IgM dan IgG Anti Toxoplasma, Aviditas IgG Anti Toxoplasma

2.       Rubella

Ø        Pemeriksaan IgM dan IgG Anti Rubella

3.       Cytomegalovirus

Ø        Pemeriksaan IgM dan IgG Anti CMV, Aviditas IgG Anti CMV

4.       Herpes Simpleks I dan II

Ø        IgM dan IgG Anti HSV1 dan 2

 

            Kehamilan merupakan salah satu hal yang paling diinginkan oleh pasangan suami istri yang baru menikah. Persiapkan kehamilan dan kelahiran sebaik mungkin dengan memeriksa kemungkinan terjadinya infeksi TORCH pada ibu hamil dan calon ibu.

 
22 August 2017 - Kesempatan Berkarir
17 March 2017 - Selamat Datang
17 March 2017 - Mammografi, Bagian Terpenting Deteksi Dini Kanker Payudara
17 March 2017 - Pentingnya Premarital Check Up Sebelum Menikah
17 March 2017 - Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear
Arsip berita
  Visitor 363745 since May 20, 2010.
Certified to QMS-Certificate No. 500164   Copyright © 2010 Budi Sehat. All Rights Reserved