17 March 2017
Pentingnya Premarital Check Up Sebelum Menikah



Berumah tangga atau berkeluarga adalah idaman setiap insan manusia. Untuk membina rumah tangga atau keluarga bahagia, penuh cinta, kesiapan materi dan mental saja mungkin belum cukup. Yang tak kalah penting saat ini adalah  mengetahui kondisi kesehatan pasangan.

Setiap orang yang merencanakan pernikahan tentu menginginkan kebahagiaan rumah tangga yang akan dijalaninya. Salah satu faktor penting yang akan menentukan kebahagiaan sebuah pernikahan adalah kesehatan kedua calon mempelai, karena bila salah satu diantaranya mempunyai masalah kesehatan, maka kebahagiaan tidak dapat dirasakan seutuhnya. Karena itu disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum memasuki jenjang pernikahan guna mewujudkan keluarga bahagia.

Premarital Check Up adalah sebuah tindakan pencegahan untuk mendeteksi kesehatan reproduksi dan genetika. Pemeriksaan ini berfungsi untuk mengetahui adanya penyakit menular, menahun, atau penyakit yang diturunkan yang dapat mempengaruhi kesuburan pasangan suami istri dan kesehatan calon janin. Premarital Check Up adalah prosedur yang semestinya dilakukan. Tujuannya tak lain untuk mencegah dan mengobati penyakit genetik atau penyakit lain, yang dapat menulari pasangan dan keturunan. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan pranikah, sebenarnya Anda dan pasangan telah melakukan tindakan preventif terhadap adanya kemungkinan penyakit bawaan dari keluarga masing-masing. Bisa jadi pasangan Anda sehat, namun memiliki penyakit “warisan” yang harus disikapi secara serius, seperti diabetes misalnya. Dengan mengetahui sedini mungkin kondisi kesehatan masing-masing, maka tentu akan lebih mudah bagi Anda dan pasangan dalam melakukan upaya pencegahan yang mungkin bisa menyebabkan keguguran atau malah kelainan bagi keturunan Anda.

Premarital Check Up antara lain meliputi :

v      Hematologi Rutin untuk mengetahui adanya kelainan atau penyakit darah.

v      Urine Rutin berguna untuk memantau fungsi ginjal dan penyakit lain yang terkait dengan ginjal atau saluran kemih

v      Glukosa Puasa untuk mengetahui adanya penyakit diabetes mellitus

v      Glukosa 2 Jam PP untuk mengetahui adanya penyakit diabetes melitus

v      Golongan Darah dan Rhesus berguna bagi calon janin Anda

v      HBs Ag untuk mengetahui adanya kemungkinan peradangan hati

v      VDRL / TPHA untuk mengetahui adanya kemungkinan penyakit sifilis

v      Untuk calon mempelai wanita ditambah Paket TORCH bertujuan untuk mendeteksi infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma, virus Rubella, virus Cytomegalo dan virus Herpess yang bila menyerang pada perempuan di masa kehamilan bisa menyebabkan keguguran, kelainan pada janin maupun kelahiran prematur.

Dengan menjalani pemeriksaan kesehatan pranikah, bukan berarti Anda meragukan pasangan Anda. Bukankah pencegahan jauh lebih baik daripada pengobatan?.

 
22 August 2017 - Kesempatan Berkarir
17 March 2017 - Selamat Datang
17 March 2017 - Mammografi, Bagian Terpenting Deteksi Dini Kanker Payudara
17 March 2017 - Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear
17 March 2017 - Influenza
Arsip berita
  Visitor 387555 since May 20, 2010.
Certified to QMS-Certificate No. 500164   Copyright © 2010 Budi Sehat. All Rights Reserved