17 March 2017
Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear



Kanker serviks merupakan jenis kanker yang paling banyak ditemukan pada wanita di (diantara jenis kanker lainnya) dan banyak menyebabkan kematian karena terlambat dideteksi dan diobati. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kanker servik adalah melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin. Pap smear adalah salah satu prosedur pemeriksaan untuk mendeteksi dini kanker serviks. Pemeriksaan pap smear dilakukan dengan cara mengambil contoh sel dalam servik, kemudian di analisa untuk menilai adanya perubahan terhadap sel-sel tersebut. Jika pada pemeriksaan pap smear ini ditemukan sel kanker atau pre kanker, maka bisa dilakukan pengobatan sedini mungkin agar tidak sampai terjadi kanker serviks.

Pap smear dapat mendeteksi kelainan dini tingkat sel. Sehingga, apabila didapatkan perubahan sel yang dicurigai suatu keganasan, dapat segera dilakukan pengobatan dini yang tentunya akan meningkatkan angka harapan hidup seseorang. Papsmear perlu dilakukan karena pada umumnya kanker serviks dapat muncul tanpa gejala yang berarti. Ada keuntungan lain yang akan kita dapatkan dari pemeriksaan pap smear. Selain dapat menentukan perubahan sel ke arah kanker atau pre kanker, hanya dengan satu slide pemeriksaan, dokter akan dapat menemukan apakah ada infeksi atau melihat kondisi hormonal seseorang. Infeksi dapat disebabkan oleh jamur, bakteri maupun virus. Terkadang penyakit seperti kondiloma (kutil kelamin), herpes simpleks II dapat terdeteksi.

Pap smear menjadi salah satu pemeriksaan yang penting bagi seorang wanita yang telah aktif secara seksual, mengingat aktivitas seksual adalah salah satu predisposisi kanker serviks. Pap smear dianjurkan dilakukan minimal satu tahun sekali. Wanita yang memakai alat kontrasepsi atau mengkonsumsi pil KB harus memeriksakan diri lebih sering, dua kali dalam satu tahun atau bahkan lebih. Dengan pemeriksaan rutin, kanker serviks bisa dideteksi sejak dini. Deteksi dini membuat kanker lebih mudah dan murah diatasi dengan kemungkinan sembuh lebih besar.

 

 
22 August 2017 - Kesempatan Berkarir
17 March 2017 - Selamat Datang
17 March 2017 - Mammografi, Bagian Terpenting Deteksi Dini Kanker Payudara
17 March 2017 - Pentingnya Premarital Check Up Sebelum Menikah
17 March 2017 - Influenza
Arsip berita
  Visitor 377016 since May 20, 2010.
Certified to QMS-Certificate No. 500164   Copyright © 2010 Budi Sehat. All Rights Reserved