05 February 2011
Perlukah Vaksinasi Influenza Bagi Orang Dewasa?

Salah satu cara untuk pencegahan penularan influenza adalah dengan menggunakan vaksin. Dewasa ini sudah tersedia vaksin influenza manusia yang sudah digunakan secara luas di berbagai negara termasuk Indonesia. Manfaat vaksin influenza ialah dengan menurunkan risiko penularan serta mengurangi angka masuk rumah sakit maupun kematian.

Di beberapa negara, vaksin influenza telah menjadi program pemerintah terutama untuk kelompok usia lanjut. Selain kelompok usia lanjut, yang dianjurkan untuk memperoleh vaksinasi influenza adalah orang yang mempunyai penyakit kronis, seperti orang dengan HIV/AIDS.

Untuk meningkatkan pencegahan penularan influenza, diperlukan kerja sama dari setiap kalangan untuk membantu dari tingkat edukasi sampai ke taraf penggunaannya. Oleh karena penggunaan vaksin ini masih dibiayai oleh masyarakat per individu, belum termasuk program pemerintah, maka diperlukan pemahaman masyarakat serta kemudahan untuk mendapat pelayanan vaksin ini di rumah sakit, praktek dokter maupun unit layanan kesehatan lainnya.

Seperti juga pada anak, imunisasi dapat mencegah penularan penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan vaksin. Vaksinasi influenza ternyata dapat menurunkan angka kematian pada usia ianjut secara nyata. Vaksin yang dianjurkan pada orang dewasa diantaranya adalah vaksin influenza, pneumonia, tetanus, rubella dan sekarang juga tersedia vaksin HPV (Human Papiloma Virus).

Vaksin influenza diberikan satu tahun sekali, untuk vaksin pneumonia lima tahun sekali. Vaksin pneumonia juga dianjurkan untuk orang usia lanjut dan berpenyakit kronis. Vaksin tetanus dan rubela diperlukan terutama bagi perempuan muda. Untuk mencegah kanker serviks dan penyakit lain yang berkaitan dengan infeksi HPV, vaksin HPV adalah cara yang tepat dilakukan.

Manfaat vaksinasi pada orang dewasa belum sepenuhnya dipahami masyarakat. Masih diperlukan sosialisasi agar imunisasi pada orang dewasa dapat berjalan sebaik imunisasi pada anak. Dari segi biaya pun, vaksinasi ini masih termasuk mahal, karena masyarakat masih harus membayar sendiri dan belum ada subsidi dari pemerintah. Namun, kembali pada pentingnya kesehatan, hal ini dapat menjadi investasi penecegahan penyakit yang sangat bermanfaat.

 
23 September 2015 - Pentingnya Golongan Darah
05 April 2011 - Info Sehat
11 March 2011 - VERTIGO
08 February 2011 - Waspadai Serangan Jantung
01 February 2011 - Leukemia Si Kanker Darah
Arsip berita edukatif
  Visitor 382026 since May 20, 2010.
Certified to QMS-Certificate No. 500164   Copyright © 2010 Budi Sehat. All Rights Reserved