11 March 2011
VERTIGO

Anda pernah merasakan pusing seolah-olah anda dan lingkungan sekitar Anda berputar-putar? Itu yang lazim dikeluhkan orang yang sedang vertigo. Vertigo juga sering disertai rasa mual, muntah, dan kehilangan keseimbangan. Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari. Penderita kadang merasa lebih baik jika berbaring diam, tetapi vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Penyebab terjadinya vertigo ada beberapa macam, antara lain:

1.       Infeksi virus pada alat keseimbangan di telinga dalam.

2.       Radang/infeksi saraf keseimbangan (vestibular neuritis), biasanya terjadi serangan vertigo berulang beberapa jam atau beberapa hari setelah serangan pertamanya.

3.       Benign paroxysmal positional vertigo, yang berhubungan dengan perubahan posisi kepala maupun badan, seringkali disertai mual dan muntah, membaik setelah beberapa hari kemudian disertai badan merasa limbung. Bisa diderita setelah mengalami cedera kepala, tanpa disertai gangguan ataupun penurunan pendengaran, jenis vertigo ini cenderung membaik secara spontan setelah beberapa minggu atau bulan, tetapi kebanyakan penderita mengalami serangan vertigo beberapa bulan atau tahun kemudian.

4.       Iskhemia/penurunan suplai darah pada daerah vertebrobasiler.

5.       Gangguan fungsi saluran yang menghubungkan rongga telinga tengah dan tenggorok (tuba auditoria).

6.       Penyakit Menier yang ditandai vertigo, gangguan pendengaran (suara berdenging), penurunan pendengaran, seringkali berhubungan dengan rasa tertekan pada telinga, serangan vertigo dapat mulai 1-24 jam, tetapi seringkali disertai gangguan keseimbangan permanent/menetap dan telingan serasa berdenging yang bisa semakin terasa memberat, penurunan pendengaran pada jenis ini bisa membaik, tetapi bisa juga permanen.

7.       Radang/infeksi telinga tengah menahun (congek).

8.       Pemakaian obat-obatan

9.       Migrain vestibuler

10.   Epilepsi

11.   Tumor pada saraf pendengaran

12.   Tumor nasofaring (hidung bagian belakang)

13.   Cedera pada pembuluh darah disusunan saraf pusat

14.   Pasca cedera kepala

Pada dasarnya vertigo bukanlah merupakan diagnosis penyakit, melainkan sesuatu gejala atau kumpulan gejala yang bisa disebabkan berbagai penyakit fisik ataupun psikis. Misalnya, vertigo bisa menjadi penanda adanya gangguan pada otak (luka di batang otak, tumor, atau kanker otak). Selain itu, vertigo juga menjadi tanda-tanda gejala penyumbatan darah ke otak. Penyumbatan pembuluh darah pada otak ini menyebabkan otak kekurangan oksigen.

Gangguan sirkulasi darah pada pembuluh juga bisa ditandai dengan vertigo. Gangguan sirkulasi ini bisa dipicu oleh banyak faktor, antara lain timbulnya plak di dinding pembuluh darah, meningkatnya kekentalan darah, atau mengerasnya dinding pembuluh darah. Gangguan sirkulasi darah ini disebabkan beberapa penyakit, seperti diabetes mellitus, hipertensi, dan kolesterol tinggi. Gangguan sirkulasid arah ini juga bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Ketika sirkulasi darah tidak lancer, maka asupan oksigen pada organ pun tidak sempurna. Inilah yang menyebabkan komplikasi berbahaya. Pasalnya, seluruh organ tubuh membutuhkan oksigen. Seretnya sirkulasi darah ini fatal jika yang mengalami gangguan adalah pembuluh darah yang menuju organ vital seperti jantung, otak, ginjal. Gangguan sirkulasi otak dapat menyebabkan stroke, gangguan pada pembuluh darah menuju ginjal menyebabkan gagal ginjal, dan gangguan pada pembuluh darah jantung dapat menyebabkan gagal jantung.

Jangan anggap remeh jika vertigo menyerang Anda. Segera lakukan pemeriksaan sebelum terlambat. Keluhan vertigo muncul jika kerja organ keseimbangan ini mengalami gangguan. Gangguan bisa terjadi di komponen mana saja. Bisa di organ keseimbangan, bisa juga di tingkat pusat atau otak. Sebagai antisipasi sebaiknya dilakukan beberapa tes dan pemeriksaan di bagian mana organ keseimbangan mengalami gangguan, seperti tes pendengaran, tes fungsi vestibule, CT scan/MRI, pemeriksaan cairan otak, EEG (rekam otak), dan pemeriksaan pembuluh darah leher serta kepala. Perlu diingat, vertigo bisa menjadi penanda suatu penyakit.

 
23 September 2015 - Pentingnya Golongan Darah
05 April 2011 - Info Sehat
08 February 2011 - Waspadai Serangan Jantung
05 February 2011 - Perlukah Vaksinasi Influenza Bagi Orang Dewasa?
01 February 2011 - Leukemia Si Kanker Darah
Arsip berita edukatif
  Visitor 336492 since May 20, 2010.
Certified to QMS-Certificate No. 500164   Copyright © 2010 Budi Sehat. All Rights Reserved