.jpg

Ciri Menstruasi Tidak Normal

Menstruasi tidak normal tidak hanya ditandai dengan pola atau siklus menstruasi yang lebih lama dari biasanya. Volume keluarnya darah hingga rasa nyeri yang hebat dapat menjadi pertanda adanya gangguan di dalam tubuh, mulai dari yang ringan hingga yang tergolong berbahaya. Maka dari itu sangat penting bagi sobat untuk mengetahui ciri dari menstruasi yang tidak normal. 

 

Ciri menstruasi tidak normal dan penyebabnya :

 

1. Menstruasi terlambat bahkan berhenti

Menstruasi terlambat atau tidak lancar juga termasuk kondisi yang tidak normal. Menstruasi dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu, menstruasi dikelompokkan tidak lancar bila lamanya menstruasi berubah-ubah setiap bulannya. 

 

Penyebab : Menopause, Kehamilan, Alat konstrasepsi, aktivitas olahraga yang berlebihan, Sindrom ovarium polikistik (PCOS), Masalah pada tiroid

 

2. Menstruasi lebih banyak dan lebih lama

Menstruasi bisa dibilang tidak normal jika darah yang keluar berlebihan (menorrhagia). Hal ini ditandai dengan sobat BS harus mengganti pembalut hingga 2 jam sekali atau keluarnya gumpalan darah yang ukurannya lebih dari 2,5 cm. Menstruasi yang berlangsung lebih dari 7 hari juga bisa dibilang berlebihan.

 

Penyebab : Sindrom polikistik ovarium (PCOS), Polip atau fibroid pada rahim, Endometriosis, Adenomiosis, Radang panggul, Kanker rahim

3. Kram yang cukup intens pada rahim  

Kram biasanya dimulai satu atau dua hari sebelum haid dimulai, dan berlangsung selama dua hingga empat hari. Bagi beberapa wanita, kram ringan dan tidak mengganggu. Sementara wanita lain memiliki kram yang lebih parah, yang disebut dismenore.

 

Penyebab : kontraksi uterus yang mendorong keluar lapisan uterus,  fibroid, penggunaan IUD, endometriosis, adenomyosis, penyakit radang panggul (PID), dan penyakit menular seksual (PMS)

 

4. Menstruasi di luar waktunya

Menstruasi terkadang bisa datang lebih cepat atau bahkan terjadi 2 kali dalam sebulan.

 

Penyebab : Stres dan pola hidup yang buruk, Perubahan berat badan, Perimenopause, Infeksi menular seksual, Penyakit tiroid

 

Bila sobat mengalami perubahan pola menstruasi seperti yang telah dijelaskan di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter obgyn di Lab Klinik Budi Sehat untuk mengantisipasi adanya gangguan atau penyakit. Salam Sehat Sobat BS.