Jalan Cepat 10 Menit Per Hari Mengurangi Risiko Kematian Dini

Jangan remehkan faedah jalan cepat. Ahli kesehatan menyatakan bahwa jalan cepat 10 menit per hari dapat mengurangi risiko kematian dini sebesar 15 persen.

Saran jalan cepat itu dikeluarkan oleh Public Health England. Saran itu terutama ditujukan kepada setiap orang yang sudah memasuki usia 40 tahun.

Meski jalan cepat 10 menit sehari tidak membuat kelompok masyarakat yang selama ini malas bergerak memenuhi standar aktivitas fisik. Tetap saja mereka akan mendapatkan manfaat berupa penurunan tekanan darah tinggi, berat badan, depresi dan kecemasan, risiko diabetes, serta persoalan otot, seperti sakit bagian punggung bawah.

Pemerintah Inggris bahkan mempromosikan aplikasi gratis bernama Active 10 untuk mendorong peningkatan aktivitas masyarakat. Aplikasi itu dapat digunakan untuk memantau jumlah langkah kaki sekaligus menyediakan tip-tip kesehatan.

“Jalan kakilah, jangan naik kendaraan cuma untuk pergi ke toko atau tempat makan siang. Jalan kaki dapat memperpanjang tahun-tahun sehat Anda,” ujar Deputi Direktur Medis Public Health Office Inggris, Jenny Harries, sebagaimana dikutip dari BBC.

Pegiat berjalan  kaki, Liam Quegley, 60 tahun, menuturkan pada masa lalu orang tuanya selalu mengajak dirinya berjalan kaki ke berbagai tempat. Tapi, kini, kegiatan tersebut terlupakan dan membuat berat badannya meningkat.

“Saya suka jalan. Dan saya memutuskan untuk melakukan sesuatu,” ujarnya. Liam kini bergabung dengan komunitas Stockport Walkers dan terbiasa melakukan pendakian sejauh 16 kilometer. Otoritas kesehatan Inggris berharap keberhasilan menggerakkan kelompok usia paruh baya akan memberi pengaruh positif bagi generasi di bawahnya. 

Copyright 2019 | PT. BUDI SEHAT SENTRA DIAGNOSTIKA

  • Instagram - Grey Circle
  • Facebook - Grey Circle
  • Twitter - Grey Circle