.jpg

7 Penyakit yang Dapat Diketahui dengan Cek Darah

     1. Penyakit Kardiovaskular

Salah satu pemeriksaan yang dilakukan adalah Cek Kolesterol. Apabila tes menunjukan kadar kolesterol tinggi dalam darah, tandanya seseorang berisiko tinggi mengalami penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

     2. Penyakit Paru-Paru

Analisis gas darah seringkali dilakukan untuk mendeteksi gangguan keseimbangan asam basa tubuh, fungsi paru dan respons terapi oksigen pada paru-paru. Penyakit yang bisa teridentifikasi adalah penyakit yang memengaruhi paru-paru, seperti pneumonia,  penyakit paru obstruktif kronis serta diabetes dan gangguan ginjal.

     3. Diabetes

Sama seperti tes kolesterol, tes glukosa bisa dilakukan di fasilitas kesehatan atau di rumah dengan alat khusus. Jika hasil tes darah menunjukan kadar glukosa yang tinggi, artinya seseorang berpeluang mengidap diabetes.

     4. Penyakit Pembekuan Darah

Tes koagulasi adalah jenis tes darah untuk mendeteksi penyakit pembekuan darah, seperti von Willebrand dan hemofilia. Tes ini dilakukan untuk mengukur kecepatan darah menggumpal.

     5. Gangguan Elektrolit

Elektrolit, seperti sodium, potasium dan klorida adalah mineral yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga organ dan jaringan tubuh dapat berfungsi dengan baik.Nah, tes darah juga bisa dilakukan untuk mendeteksi gangguan elektrolit. Biasanya, masalah elektrolit ini rentan dialami oleh orang yang sedang menjalani pengobatan.

     6. Penyakit Autoimun

Tes protein C-reaktif (CRP) adalah jenis tes darah yang sering dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit autoimun. Protein C-reaktif adalah zat diproduksi oleh hati. Tes protein jenis ini dilakukan untuk mengetahui adanya peradangan seperti lupus dan artritis reumatoid.

     7. Peradangan Tubuh

Laju endap darah adalah tes darah untuk mengetahui tingkat keparahan peradangan dalam tubuh. Peradangan ini bisa disebabkan oleh infeksi, tumor, atau penyakit autoimun.

 

PINGIN CEK DARAH ?

Yuk kunjungi @budisehat_lab terdekat atau

hubungi ☎ Call Center Budi Sehat  (0271) 648026

untuk melakukan pendaftaran Home Care BS.