.jpg

Vagina Terasa Nyeri ? Wanita Perlu Waspada 

​Buat kalian para perempuan, pernah merasakan nyeri pada bagian vagina ? 

jika pernah, kamu perlu mewaspadainya. Bisa jadi berikut adalah salah satu penyebabnya.

1. Infeksi Jamur

Rasa sakit yang timbul akibat Infeksi Jamur biasanya disertai juga dengan rasa gatal, panas, dan keluarnya keputihan yang kental dari vagina.

Selain infeksi jamur, infeksi bakteri pada vagina, bacterial vaginosis, juga dapat menjadi salah satu penyebab vagina terasa nyeri. 

Tak hanya sakit, infeksi bakteri juga akan membuat sobat mengalami rasa panas pada vagina, berbau amis, gatal, dan sakit saat berhubungan seks.

2. Kista Bartolin

Di area bukaan vagina, terdapat kelenjar bernama bartolin yang berperan untuk membantu lubrikasi. Penyumbatan pada kelenjar tersebut akan mengakibatkan kista bartolin yang menyebabkan benjolan keras disertai rasa sakit pada vagina.

3. Gangguan Otot Dasar Panggul

Gangguan pada dasar panggul bisa membuat vagina terasa sakit saat berhubungan seksual dan buang air. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, tapi yang paling umum adalah akibat kram pada otot di area tersebut.

4. Trauma Fisik

Trauma fisik pada vagina dapat terjadi karena berbagai hal, dari yang ringan seperti akibat kesalahan dalam mencukur rambut kemaluan, hingga yang cukup berat, seperti kekerasan seksual dan proses persalinan.

5. Vulvodynia 

Vulvodynia adalah nyeri kronis yang muncul di area sekitar bukaan vagina (vulva). Kondisi ini bisa bertahan lama, setidaknya 3 bulan dan berisiko menimbulkan rasa nyeri tak tertahankan di vagina.

Vagina sakit karena vulvodynia bisa membuat sobat sulit untuk duduk dalam jangka waktu lama ataupun berhubungan seks.

Kerusakan saraf tersebut bisa terjadi akibat proses persalinan yang berat, operasi, saraf kejepit, hingga akibat infeksi jamur vagina yang parah.

Semoga info ini bermanfaat ya #SobatBS.