top of page
.jpg

Hormon Penyebab Anda Susah Turun Berat Badan

Apakah Anda merasa seolah-olah Anda telah mencoba segalanya untuk menurunkan berat badan? Iseng-iseng diet, menghitung kalori, pergi ke gym... dan timbangan masih tak kunjung turun? Di era teknologi ini terdapat berbagai sumber daya untuk melacak asupan dan keluaran kalori Anda ditambah pilihan olahraga dan panduan nutrisi untuk diikuti; Namun, mendapatkan keseimbangan hormonal sebagai bagian dari persamaan penurunan berat badan Anda dengan benar jauh lebih rumit!

Pernahkah Anda memikirkan bahwa ketidakseimbangan hormon mungkin menghalangi Anda mencapai tujuan penurunan berat badan? Hormon merupakan molekul pengantar sinyal yang berperan dalam banyak aspek kesehatan. Kelenjar tertentu – termasuk pituitari, tiroid, paratiroid dan kelenjar adrenal – melepaskan hormon-hormon ke dalam darah. Dari sana dialirkan ke jaringan dan organ.

Hormon terlibat dalam hampir semua aspek kesehatan, termasuk pada fungsi seksual, tumbuh kembang, mood, nafsu makan dan metabolisme.

Hormon yang mempengaruhi berat badan

 

1. Tiroid

Saat kelenjar tiroid terlalu aktif, akan melepaskan lebih banyak hormon tiroid. Ini menyebabkan tubuh berada dalam kondisi hipermetabolik, yang akan membakar lebih banyak kalori. Disebut hipertiroidisme.

Sebaliknya, kelenjar tiroid yang kurang aktif, ditandai dengan rendahnya kadar hormon tiroid, menyebabkan pengeluaran energi yang lebih sedikit. Disebut hipotiroidisme.  

2. Insulin

Tubuh membutuhkan insulin untuk mengubah gula menjadi energi dan menyimpannya ke dalam sel (dalam bentuk glikogen) sebagai cadangan.  Kadar insulin yang tinggi dalam waktu lama dapat menyebabkan resistensi insulin, di mana sel-sel tidak mampu merespons insulin dengan tepat.

3. Kortisol

Kortisol merupakan hormon steroid (glukokortikoid) yang berperan penting untuk respons stres tubuh; dikenal sebagai hormon stres. Peningkatan kortisol dalam darah bisa meningkatkan berat badan.

Lab Budi Sehat  menyediakan  Pemeriksaan Hormon dan pemeriksaan penunjang lainya untuk mengetahui penyebab penambahan atau kesulitan dalam menurunkan berat badan,  di antaranya :

  • Thyroid Stimulating Hormone (TSH)

  • Free T3 & Free T4

  • Insulin

  • Cortisol

  • HbA1c

  • Testosteron

  • Progesteron

Dengan pemeriksaan di atas, Anda dapat melihat hormon dasar yang berkontribusi terhadap penambahan berat badan atau kesulitan dalam menurunkan berat badan. Pemeriksaan ini juga menargetkan penanda risiko resistensi insulin yang menyebabkan diabetes.

Petunjuk

  • Khusus untuk pemeriksaan Insulin, Anda diwajibkan untuk puasa 10 -12 jam sebelum pemeriksaan.

  • Hormon paling baik diambil antara jam 8-10 pagi.

  • Kontrasepsi hormonal dapat mengganggu hasil progesteron dan estrogen.

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi Customer Service 0271 648026 atau WA 0811 267 4420

bottom of page