top of page
.jpg

Rahasia Tetap Sehat Memasuki Usia 40 Tahun

Usia 40 tahun adalah masa ketika banyak risiko penyakit mulai meningkat. Pada usia ini juga, laju metabolik atau pembakaran tubuh mulai menurun sehingga berat badan akan mulai sulit dijaga atau diturunkan. Untuk Anda yang ingin tetap sehat dan menjalani hidup berkualitas, simak rahasia mencegah gangguan kesehatan di usia 40-an ini!

Kondisi Tubuh Anda di Usia 40 Tahun

Beragam perubahan kondisi tubuh terjadi saat memasuki usia kepala empat. Perubahan pertama yang terjadi pada para quadragenarian (orang di usia 40-an) adalah hormon. Hormon adalah pembawa pesan kimiawi dalam tubuh yang mengatur hampir semua fungsi tubuh, dari reproduksi hingga rasa lapar. Khususnya pada wanita yang akan mencapai menopause (terhentinya siklus menstruasi), kadar hormon estrogen, progesteron, dan testosteron akan berfluktuasi.

Selain itu, hormon yang berfluktuasi ini akan menyebabkan rangkaian perubahan. Antara lain, menurunnya kepadatan tulang dan massa otot tanpa lemak hingga penurunan dorongan seksual dan perubahan mood.

Rahasia Tetap Prima di Usia 40-an

Pola makan sehat dan rutin beraktivitas fisik akan sangat baik untuk menjaga kualitas kesehatan di usia 40-an. Kebiasaan sehat akan memperkuat otot dan tulang, sehingga cedera serius yang kerap dialami orang di usia 40-an bisa dihindari. Nah, apa saja cara mencegah gangguan kesehatan yang muncul di usia 40-an?

1.       Menjaga Kadar Gula Darah

Menjaga keseimbangan gula darah adalah hal yang penting dilakukan untuk tetap fit di usia 40-an. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari lonjakan maupun penurunan gula darah adalah dengan menghindari asupan karbohidrat kosong, seperti roti putih dan pasta

 2.       Modifikasi Olahraga

Ketika usia Anda mulai beranjak 40 tahun, mungkin Anda harus menyesuaikan kebiasaan olahraga. Variasi olahraga dapat melatih otot dan metabolisme supaya tidak terjebak di satu jenis latihan saja. 

 Ketika tubuh dilatih untuk selalu beradaptasi dengan jenis latihan yang berbeda, ini dapat meningkatkan pembakaran kalori dan menjaga metabolisme tubuh. Nah untuk kombinasi olahraga, Anda dapat mengombinasikan yoga di pagi hari dan latihan fisik di gym di sore hari. Kamu juga bisa menghabiskan akhir pekan dengan trekking atau bersepeda.

 3.       Tidur Teratur dan Berkualitas

Tinggalkan kebiasaan begadang yang kerap Anda lakukan di usia 20 dan 30-an! Saatnya memprioritaskan waktu tidur yang berkualitas dengan kuantitas yang cukup. Lakukan kebiasaan jelang tidur yang baik, seperti tidak makan terlalu dekat dengan waktu tidur, hindari konsumsi kafein dan nikotin, meredupkan lampu kamar, dan jauhkan gawai agar tidur lebih nyenyak.

4.       Minum Air Putih

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari akan membuat berbagai fungsi organ berjalan dengan semestinya. Dampak baik lainnya juga akan dirasakan kulit yang pada usia 40-an mulai menua.

 Menjaga kecukupan cairan akan membantu menunda tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus, kulit yang kendur, serta menjaga kulit tetap cerah dan terlihat segar.

 5.       Jaga Postur Tubuh Yang Baik

Anda tentu ingin tetap memiliki postur yang baik saat sudah tua nanti, bukan? Tak hanya akan terlihat elok secara estetika, postur tubuh yang baik juga akan mencegah terjadinya nyeri punggung, sakit pinggang, serta mengurangi tekanan pada otot, sendi, dan struktur pendukungnya.

 6.       Jaga Kondisi Mata

Pada usia 40, penglihatan bisa mulai memburuk, jadi perhatikan dan periksa mata Anda.  Pandangan mulai kabur akibat perubahan anatomi bola mata (harus menggunakan kacamata plus akibat presbiopia untuk membaca, misalnya), hingga munculnya penyakit degeneratif seperti katarak

Untuk memperlambat penurunan penglihatan tersebut, diet tinggi buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan, vitamin, serta mineral sangat disarankan.

 7.   Cek Kesehatan Anda

Usia 40 tahun adalah waktu yang tepat untuk melihat “angka-angka” kesehatan Anda, yakni tekanan darah, kadar kolesterol, gula darah, dll. Ingat, risiko kenaikan angka-angka tersebut semakin tinggi memasuki usia kepala empat lho.

 Mengetahui angka-angka ini akan membantu Anda dan dokter mengidentifikasi faktor risiko penyakit yang berpotensi tersembunyi. Misalnya, orang dengan tekanan darah tinggi berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, stroke dan gagal ginjal.

 Anda akan memasuki usia 40 tahun? Ikutilah rahasia hidup sehat usia 40 tahun di atas dan jangan ragu untuk cek kesehatan di Budi Sehat. Dengan begitu, Anda dapat sehat dan aktif meski sudah berkepala empat.

bottom of page